Simak Yuk, Review Sony Xperia Z3 Premium

Idkurir.web.id Apakah anda merupakan salah satu penggemar hp Sony? kali ini kami akan memberikan ulasan atau review Sony Xperia Z3 Premium yang bisa anda ketahui. Sebagai hp dengan kualitas premium, tentu ponsel ini mempunyai spesifikasi yang tinggi pula kan!

Review Sony Xperia Z3 Premium

Berikutmerupakan ulasan yang bisa anda ketahui tentang ponsel Android Yang Tidak Cepat Panas untuk Nge-Game, yaitu Sony Xperia Z3 Premium yang bisa anda ketahui:

Desain

Sony memiliki reputasi sebagai perancang produk yang dirancang dengan menarik. Dan seri Z adalah kelompok ponsel yang bisa menjadi contoh terbaik. Desain OmniBalance mampu menghadirkan tampilan stylish sesuai estetika, ergonomis dan kenyamanan dalam genggaman. Sayangnya, kecenderungan untuk mengeluarkan produk dengan desain yang hampir mirip membuat agak sulit membedakan satu model dengan model lainnya.

Sony Xperia ini juga mengadopsi desain OmniBalance, yang secara otomatis memposisikannya sebagai perangkat kelas atas. Desainnya familiar, dimensinya hampir identik dengan Z3. Namun ada beberapa elemen yang berubah, seperti bentuk yang lebih tipis (6,9 mm) dan bobot yang lebih ringan.

Bezel tipis di kedua sisi layar membuatnya semakin nyaman digenggam dan tetap nyaman dioperasikan meski dengan satu tangan. Sayangnya, area bezel di bagian bawah layar terlalu lebar dan cenderung tidak efisien. Tanpa tombol navigasi yang sebenarnya, ruang kosong tampak berlebihan.

Smartphone ini terbuat dari panel kaca anti gores yang dikelilingi lapisan logam premium. Dipoles dengan lapisan oleophobic. Sony Xperia Z3 Premium juga memiliki sertifikasi IP65/68 yang membuatnya tahan debu dan air.

Meskipun beberapa port harus tetap dilindungi oleh penutup agar tahan air, beberapa fitur seperti microUSB dan port audio dibiarkan tidak terlindungi. Tetapi dikemas sedemikian rupa sehingga tetap aman dan beroperasi secara normal meskipun terendam. Anda tidak perlu khawatir lupa menutup penutup atau harus membuka penutup saat ingin mengisi daya atau memutar musik.

Display

Sony Xperia Z3 Premium memiliki layar 5,2 inci dengan layar IPS LCD anti gores beresolusi 1080p HD dengan teknologi Triluminous. Sony mengklaim bahwa panel barunya jauh lebih terang dan lebih jernih daripada Z3. Dan berkat dukungan Triluminous, 16 juta warna berbeda menjadi lebih kaya dengan gambar yang dinamis dan mengesankan. Ditambah lagi dengan kerapatan piksel 424 ppi sehingga grafis terlihat tajam, detail, dan terlihat natural.

Layar sentuhnya responsif dan sensitif terhadap sentuhan, serta dapat membaca hingga 10 titik sentuh. Bahkan, Sony sudah menyertakan fitur glove mode agar kita tetap bisa mengoperasikan layar sentuh meski memakai sarung tangan.

OS & Antarmuka

Sony Xperia Z3 Premium menjalankan sistem operasi Android 5.0.2 Lollipop. Memang bukan hal baru, namun pengalaman menggunakan smartphone ini cukup memuaskan. Antarmuka yang ditawarkan Sony tidak jauh berbeda dengan antarmuka bawaan Android. Hanya dari segi kosmetik saja Sony membuatnya terlihat impresif dan lebih menarik.

Antarmukanya akrab dan mudah digunakan. Selain itu, Android Lollipop sendiri sudah menawarkan beberapa fitur bawaan terbaru seperti gambaran umum, notifikasi layar kunci, mode tamu serta penambahan pengguna baru.

Seperti biasa, Home Name Home screen menawarkan beberapa panel yang dapat diisi dengan pintasan aplikasi dan widget. Papan ini bisa ditambah sesuai kebutuhan hingga tujuh buah. Bilah notifikasi dapat diakses dengan menyeret layar ke bawah dari sudut atas.

Di area notifikasi, akses ke banyak fitur penting, seperti wifi, koneksi data pemain, rotasi layar otomatis, bluetooth, dll., ditampilkan. Selain itu terdapat slider untuk mengatur kecerahan (brightness) layar. Selain itu, di baki aplikasi atau halaman daftar, kita dapat memilih untuk menampilkan aplikasi dalam urutan khusus, abjad, atau yang paling sering digunakan.

Kamera

Salah satu senjata utama Sony Xperia Z3 Premium adalah kamera Exmor RS 20,7 MP. Didukung oleh berbagai fitur fotografi seperti aperture f2.0, sensor 1/2.3 inci, dan ISO hingga 12800. Seperti biasa, aplikasi Sony Camera dikemas dengan banyak fitur dan pengaturan.

Namun megapiksel yang besar bukan berarti kamera tersebut bisa menghasilkan foto yang bagus. Kualitas foto yang diambil tidak jauh berbeda dengan ponsel 16MP, meski sedikit lebih baik. Beberapa foto eksterior dan interior yang kami kumpulkan dapat menjadi referensi.

Ya, kamera Sony Xperia Z3 Premium belum mendukung gambar RAW. Meski smartphone andalan lainnya seperti LG G4 sudah mulai menyertakan dukungan format ini. Namun dari segi fitur kamera, Sony Xperia Z+ bisa diandalkan. Fitur kamera yang melimpah menjadi nilai tambah dari smartphone ini. Banyak pilihan seperti otomatis, manual, mode foto, dll.

Kami juga dapat mengunduh beberapa mode tambahan untuk meningkatkan fungsionalitas kamera. Kamera Sony Xperia Z3 Premium juga dapat digunakan untuk merekam video. Kualitas 1080p yang kami cetak cukup memuaskan. Selain itu, smartphone ini juga bisa digunakan untuk merekam video 4K.

Multimedia

Segmen ini merupakan bagian penting dari Sony Xperia Z3 Premium. Kita bisa menikmati video melalui layar yang jernih dan tajam. Pemutar musik dan podcast yang dijejalkan ke dalam smartphone ini sangat memuaskan. Sony menyertakan berbagai fitur seperti pemilihan headphone yang akan digunakan dan rekomendasi pengaturan audio agar dapat diperoleh kualitas suara terbaik.

Pemutar musik khas Sony memiliki antarmuka bergaya Walkman meskipun tidak ada logo Walkman. Disertakan dengan opsi artis, album, daftar putar, dan semua lagu hingga musik yang didengarkan teman Facebook Anda. Opsi ClearAudio+ juga disertakan untuk menentukan pengaturan audio yang kualitasnya dapat disesuaikan dengan musik atau lagu.

Untuk meningkatkan kualitas suara bawaan (preset dan manual), suara surround (Studio, Klub, Aula Konser) ke mode stereo jernih. Sony Xperia Z3 Premium juga dilengkapi radio FM dengan RDS dan TrackID bawaan untuk mengidentifikasi lagu yang sedang diputar.

Bagaimana kualitas suaranya? bagus sekali. Suara yang terpancar kuat dan nyaring berkat speaker eksternal. Selain dari sektor musik, kita juga bisa menonton video di smartphone ini. Pemutar video (film) memiliki antarmuka yang sederhana tetapi mendukung banyak format dan dapat menampilkan subtitle.

Fitur

Ponsel Sony Xperia Z3 Premium mencantumkan beberapa fitur utama untuk memperkaya nilai tambah yang dapat diperoleh pembeli. Salah satunya adalah PS4 Remote Play yang memungkinkan kita melakukan streaming pemain dari PlayStation 4 ke Z3 dan memainkannya di ponsel.

Ada juga fitur Lifelog yang dapat mencatat seluruh aktivitas kita. Dengan fitur ini, kita bisa menetapkan tujuan, merekam beberapa momen penting dan menemukan kembali kenangan lama. Jadi What News adalah widget tentang film, musik, aplikasi, atau game yang mungkin menarik bagi kita.

Sony Xperia Z3 Premium juga menyertakan banyak aplikasi seperti Privilege Plus, Spotify, OfficeSuite, Movie Creator, Garmin Navigation, dan Sketch hingga AVG Protection. Dinilai sebagai tolak ukur ukuran smartphone di kelasnya. Ada juga tampilan layar dan senter.

Performa

Untuk menunjang performanya, Sony Xperia Z3 Premium dilengkapi dengan chipset octa-core Snapdragon 810. Dengan 2 GHz quad-core Cortex-A57 dan 1,5 GHz quad-core Cortex-A53. Ada desas-desus bahwa chipset ini memiliki masalah dengan panas berlebih, tetapi Sony tetap bersikeras untuk menggunakannya di Xperia Z3.

Bahkan, untuk aktivitas seperti berselancar di internet, bermain game berat, dan merekam video 4K, bodi belakang terasa panas. Kondisi ini biasanya terjadi setelah lebih dari 15 menit penggunaan terus menerus. Namun kami sendiri tidak pernah mengalami kejadian panas yang ekstrim sampai menyengat.

Sony sendiri sudah terlalu akrab dengan masalah panik ini. Oleh karena itu, perusahaan memberikan pemberitahuan khusus. Misalnya, setiap ingin mengaktifkan perekaman video 4K, selalu muncul notifikasi bahwa aplikasi dapat menutup sendiri jika bodi smartphone mulai memanas.

Aktivitas multitasking tetap lancar tanpa penundaan. Game dengan grafik “berat” juga berfungsi dengan baik. Hal ini berkat GPU Adreno 430 yang terhubung dengan smartphone ini. Selain itu, Sony Xperia Z3 Premium ditenagai oleh RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB. Namun Sony hanya menyisakan ruang sebesar 22,6 GB untuk penyimpanan data. Jika kurang puas, kami dapat memperluas penyimpanan dengan memasukkan kartu microSD yang mampu menampung data hingga 128GB.

Satu-satunya hal yang disayangkan adalah mengurangi kapasitas baterai menjadi 2900 mAh. Meski pendahulunya, Xperia Z3, menawarkan baterai 3100 mAh. Sedikit boros, kita bisa menikmati aktivitas di smartphone ini dalam waktu kurang dari sehari untuk penggunaan normal. Untuk mengalahkan penggunaan baterai, Sony juga menyertakan fitur penghemat baterai.

Jaringan

Sony Xperia Z3 Premium memiliki dua kartu SIM Nano. Keduanya mendukung jaringan quad-band GSM 850/900/1800/1900 dan jaringan quad-band 3G. Jangan lupa untuk mendukung jaringan 4G LTE Cat.6 yang secara teoritis dapat mengunduh hingga 300Mbps.

Konektivitas lain yang tersedia termasuk Wi-Fi dual-band a/b/g/n/ac dengan MIMO untuk koneksi yang lebih cepat dan Wi-Fi Direct. Lalu ada microUSB 2.0, Bluetooth v4.1 dengan A2DP, apt-X, GPS, GLONASS, NFC dengan dukungan Android Beam. Ini mencakup protokol komunikasi ANT+ berdaya sangat rendah untuk komunikasi dengan berbagai aksesori olahraga seperti monitor detak jantung atau penghitung kecepatan dan irama sepeda.

Akhir Kata

Nah demikian merupakan ulasan atau review Sony Xperia Z3 Premium yang dapat anda ketahui dengan benar. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu anda mengetahui review yang benar tentang ponsel tersebut. Terima kasih!

error: This content is protected by DMCA